$source=popular-posts$type=grid$$rm=0$va=0$count=3$cate=0$meta=0$snippet=0$hide=post

Tentang Musik Ambient Trance

MetroPalembang.com - Musik Ambient Trance merupakan salah satu subgenre dari musik Trance Klasik. Termasuk musik tua juga ini gans, kalo sebelumnya ane pernah menulis tentang musik Acid Trance sebagai yang paling tua.

Kali ini tentang Musik Ambient Trance, Musik Ambient nya sih lebih tua daripada Trance. Namun ketika Ambient merambah ke dunia Musik Trance, Acid Trance sudah ada lebih dulu gans. Wadaw begini nih penjelasannya;

Sejarah Musik Ambient


Musik Ambient adalah genre musik yang instrumental yang lambat, dengan nada dan suasana tradisional gans. Alunan musik lembut yang berulang-ulang, memberikan rasa tenang pada pendengarnya.

Secara karakternya, Musik Ambient sering terdengar aneh dan berisik. Hmmm suara alam seperti angin atau air yang dibalut dengan instrumen akustik dari Piano dan sebagainya. Mirip musik-musik terapi insomnia gans, yang umumnya brisik tapi menenangkan.

Musik ini mulai diangkat secara komersial sekitar tahun 60an di UK, namun hingga sekarang hampir tidak ada yang sukses secara komersial. Karena dianggap membosankan bahkan Over secara intelektual. Tapi tenang gans, Internet memberikan secercah harapan kepada Ambient untuk lebih diterima.

Dibuktikan dengan banyaknya genre musik yang mengusung label Ambient bermunculan. Seperti musik klasik, jazz, folk, avant-grade dan lain sebagainya.

tentang musik ambient

Musik Ambient House


Tak bisa kita pungkiri bahwa sebagian besar Musik Trance adalah Musik House. Maka sebelum kita sampai pada bahasan Ambient Trance, sebaiknya terlebih dahulu menyentil Ambient House.

Wikipedia mencatat Ambient House muncul di penghujung dekade 80'an. Melalui proses panjang, di tahun 1989 Yellow Magic Orchestra sudah dikenal sebagai pelopor Musik Ambient House. Oya Steve Reich, Brian Eno dan Pink Floyd juga sering disebut-sebut mempengaruhi terciptanya Ambient House.

Setelah berkutat dengan House, ditahun-tahun setelahnya bermunculan banyak varian musik elektronik. Sehingga beberapa diantara ikut andil dalam cikal bakal lahirnya musik Ambient Trance, Dubstep yang paling menonjol.

Itulah beberapa alasan kenapa musik Ambient tidak begitu terkenal, Influence musik nya saja kurang dikenal kan. Terlepas dari embel-embel miusik ambient, Dubstep juga kurang populer kan. Apalagi erutama di Indonesia yang notabenenya sudah ada musik DungDat yang melegenda.

Musik Ambient Trance


Lumayan sulit mencari sumber dengan kredibelitas cukup yang membahas tentang musik ambient trance. Jangankan website berbahasa, yang asing pun sedikit sekali gans, meski ada hanya sekenanya saja. Itu berarti akrtikel kali ini merupakan hasil terjemahan dari beberapa halaman yang telah saya satukan. Cuma seiprit dan sepotong-potong artikel aslinya.

Oke setelah melalui sejarah panjang diatas, Ambient trance mulai lahir nih ceritanya. Cukup jelas kan tadi, Ambient Trance ini bisa dikatakan keturunan dari beberapa genre musik elektronik bersaudara EDM. Seperti Ambient House, Ambient Techno dan tentu Ambient Dubstep. Kebayang ga gimana jadi musiknya? udah ga usah main bayang-bayangan deh, ini ane kasih video contohnya;


Itu judulnya Saltwater, Artis Chicane Feat. Moya Brennan, di dunia Ambient Trance itu lagu legend banget gans. Tapi kan dulu, sekarang malah banyak dicover jadi lebih kencang dan nikmat hahahaaa. Dan kalo udah dibuat kencang itu bukan Ambient lagi namanya, ini nih contohnya;


Gimana gans, dari dua sample lagu legend itu mana yang kamu lebih suka?? kesampingkan penilaian-penilaian lainnya, cukup katakan mana yang lebih ente suka aja!!.

Yak selera kita sama, saya lebih suka yang kedua karena lebih "Trance" gimana gitu kan. Karena jaman sekarang musik yang berlabel Trance sudah tersugesti sebagai musik yang kencang dan bersemangat. Sedangkan itu lagu yang pertama adalah lagu versi originalnya yang Ambient banget. Agak kurang berasa kan?

Hmm itu kenapa tadi di paragraf awal saya katakan musik ambient tak pernah bisa sukse di pasar komersial. Asik sih, tapi terasa membosankan gans, ga kaya Trance-trance lain yang tak terduga dan penuh kejutan. Selepas dari itu banyak kok lagu Ambient Trance jadul yang hingga sekarang masih sering dimainkan atau dicover ulang.

Chicane, Aes Dana, Modus, Labores Somnium dan beberapa lainnya tercatat sebagai Artis atau Dj Ambient Trance terbaik versi Last.Fm saat ini, kunjungi halamannya. The Colour of Love, Antimatterseismographic, dan Flight Of The Urubus sebagai album terbaik.

Kekurangan Musik Ambient Trance


Ambient Trance terbaik dalam suasana yang santai atau introspektif. Seringnya menggunakan tempo yang bahkan lebih rendah daripada musik Trance pada umumnya. Secara kasar, karakter musik Ambient Trance ini sangat mirip dengan Dream Trance, Ibiza Trance, atau Uplifting Trance. Hanya ada perbedaan signifikan dimana sebagian besarnya terkait dengan eksekusi emosional pada suaranya.

Sementara Dream Trance memberi penekanan pada suasana yang menenangkan. Begitu juga dengan Ibiza dan Uplifting Trance yang tenang namun cenderung meningkatkan semangat. Sedangkan Ambient Trance terdengar sangat introspektif yang berujung ngajak stres gans, hahahaa itu menurut saya sih.

Iya deh, saya rasa cukup segini ya sekelebat sejarah dan informasi tentang dunia musik Ambient hingga menjadi musik ambient trance yang ada sekarang ini. Ceritanya ada, sample lagunya juga ada, keterangan artis dan album top juga sudah saya sediakan. Jadi untuk level lanjutan silakan di riset dan review sendiri aja ya, see ya !!

BERITA TERKAIT LAINNYA:

Nama

Android,2,Blogging,16,Dewaweb.com,1,Es Krim Paling Enak,1,Film,2,Game,2,Gunung,1,Hosting,1,Hostinger.co.id,1,IDwebhost,1,Indonesia,1,Jalan-jalan,3,Metal,7,MetroPalembang,50,Musik,21,P-store,1,Review Layanan,6,SEO,3,Trance,13,Unik,1,Video,1,
ltr
item
BLOG METROPALEMBANG: Tentang Musik Ambient Trance
Tentang Musik Ambient Trance
https://3.bp.blogspot.com/-SDwl_JYYsx8/XCx--_NJ_4I/AAAAAAAAASM/fwO5v0QdkfwvfzmBUVa3m4Yv-3LQMs4dwCLcBGAs/s640/tentang%2Bmusik%2Bambient%2Btrance.png
https://3.bp.blogspot.com/-SDwl_JYYsx8/XCx--_NJ_4I/AAAAAAAAASM/fwO5v0QdkfwvfzmBUVa3m4Yv-3LQMs4dwCLcBGAs/s72-c/tentang%2Bmusik%2Bambient%2Btrance.png
BLOG METROPALEMBANG
https://blog.metropalembang.com/2019/01/tentang-musik-ambient-trance.html
https://blog.metropalembang.com/
https://blog.metropalembang.com/
https://blog.metropalembang.com/2019/01/tentang-musik-ambient-trance.html
true
2516136796234982267
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home Lanjut baca... POSTS Buka semua halaman RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy