$source=popular-posts$type=grid$$rm=0$va=0$count=3$cate=0$meta=0$snippet=0$hide=post

Perkembangan Musik Thrash Metal Dari Masa Ke Masa

MetroPalembang.com - Thrash Metal, dipostingan kali ini saya tidak akan membahas tentang apa itu Thrash Metal, pengertian Thrash Metal atau semacamnya, karena sudah banyak artikel yang membahas tentang itu. 

Kali ini saya akan mengajak sobat-sobat penikmat Musik Metal di seluruh alam semesta untuk flashback ke belakang, menapak perkembangan ataupun perubahan Musik Thrash Metal sejak awal kemunculannya terdahulu dengan yang ada sekarang.

Kenapa saya mengajak secara umum penikmat Musik Metal ?, tidak hanya penikmat Musik Thrash Metal ?

Karena saya beranggapan bahwa Thrash Metal adalah induk dari Sub Genre Heavy Metal secara luas. Banyak sekali sub genre yang terlahir dengan basic komposisi musik Thrash, terutama yang mengarah ke ranah ekstrim.

Oke sejauh pengamatan saya, dari masa ke masa di seluruh dunia terus bermunculan band-band yang mengusung aliran Thrash Metal. Seiring perbedaan zaman, musik Thrash Metal sendiri sudah mengalami sedikit perubahan komposisi, mulai dari ketukan drum, riff gitar, tipe vocal, isi lirik dan sebagainya.

Itu wajar saja terjadi, karena yang namanya pengembangan ya emang begitu, tak harus selalu mengikuti sesuatu yang sudah ada. Lagipula kan itu terjadi karena membuntuti perubahan zaman dan budaya, hampir semua industri musik mengalami perubahan sedikit demi sedikit namun cukup signifikan.

Oke sebagai contoh dibawah ini akan saya embed beberapa sample lagu Thrash Metal yang populer dimasanya;

Cikal Bakal Thrash Metal 70' - 80'


Terimakasih untuk sang uploader video diatas, dalam video tersebut ia mengkronologikan mulai dari tahun 1970 sampai 1979. Kebanyakan band dalam video tersebut aslinya bergenre Hard Rock, Crossover dan Heavy Metal.

Namun lagu-lagu yang mereka mainkan sudah menjadi cikal bakal lahirnya Thrash Metal coba saja kamu perhatikan, setiap tahun semakin mengarah ke Thrash, hanya belum matang.

Masa Keemasan Thrash Metal 80' - 90'


Nah dimasa ini, secara masa keemasan nih vro, ada banyak sekali band Thrash Metal bermunculan menyusul kesuksesan para pendahulunya di Heavy Metal. Barangkali kalo kita remaja di tahun-tahun itu, musik Thrash sudah menjadi musik Mainstream. Bahkan di masa ini juga banyak lagu atau band Thrash yang nantinya akan menjadi influence atau cikal bagi Death Metal.

Puncak Kejayaan Musik Thrash Metal - Mid 90'


Masa ini adalah masa bersejarah dimana Musik Metal, terutama Thrash sudah diterima secara global, tidak hanya di eropa, bahkan band-band amerika dan asia pun mulai bermunculan dan sukses dipasaran. Tapi ya yang namanya lagi di puncak kejayaan vro, tinggal tunggu jatuhnya saja.

Terbukti setelah pertengahan tahun 90'an band-band Thrash Metal banyak yang tumbang, bisa jadi juga saat itu Krisis Moneter memporak-porandakan finansial secara global, ikut mempengaruhi industri musik Metal, apalagi yang di jalur indie dan underground. Tak banyak perubahan signifikan dari segi komposisi, masih mengikuti pendahulunya di 80'an, hanya teknik drumnya saja rada groovy di beberapa lagu.

Masa Yang Berat Mid 90' - 2010


Dalam video ini kebanyakan lagu yang populer di 2000an gan, perubahan typical vocal dan ketukan drum mulai terjadi. Walaupun ada juga band tua yang masih bertahan namun sudah sangat sulit untuk bersaing dipapan atas.

Tampak musik Thrash hanya dinikmati kalanagn underground, yang sudah sangat terpisah ruang dengan golongan mainstream komersial. Citra negatif di publik terus menghalangi perkembangan dan kemajuan Musik Metal di masa ini.

Kembali Bangkit di Era 2010 - Sampai Sekarang


Musik Metal dan Thrash sudah terkesan musik tua, banyak sekali remaja yang bahkan tidak pernah tahu tentang musik ini. Namun untungnya, di masa ini ada banyak band-band tua dengan agresif menerbitkan dan mempromosikan album atau video terbaru mereka.

Sangat jelas perubahannya dalam hal sound, apalagi band pendatang baru yang kebanyakan sudah mengikuti arus modern Thrash, Thrash Metal yang orisinil sudah dikategorikan Old atau Classic, tapi okelah daripada tidak sama sekali.

Sekian artikel sejarah, perkembangan dan perubahan pada musik Thrash Metal versi MetalTrance. Jika dirasa ada yang salah atau apa gitu, mari dikoreksi dan kita obrolkan di kolom komentar, terimakasih sudah berkunjung...;)

COMMENTS

BERITA TERKAIT LAINNYA:

Nama

Android,2,Blogging,16,Dewaweb.com,1,Es Krim Paling Enak,1,Film,2,Game,2,Gunung,1,Hosting,1,Hostinger.co.id,1,IDwebhost,1,Indonesia,1,Jalan-jalan,3,Metal,7,MetroPalembang,51,Musik,21,P-store,1,Review Layanan,6,SEO,3,Trance,14,Unik,1,Video,1,
ltr
item
BLOG METROPALEMBANG: Perkembangan Musik Thrash Metal Dari Masa Ke Masa
Perkembangan Musik Thrash Metal Dari Masa Ke Masa
https://3.bp.blogspot.com/-0NkevGEpO_U/Ww80JWPXEbI/AAAAAAAAABw/xy5Zj_txIzQjBtGxH5hjWIab_8PgukOdQCLcBGAs/s640/sejarah%2Bgenre%2Bthrash%2Bmetal.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-0NkevGEpO_U/Ww80JWPXEbI/AAAAAAAAABw/xy5Zj_txIzQjBtGxH5hjWIab_8PgukOdQCLcBGAs/s72-c/sejarah%2Bgenre%2Bthrash%2Bmetal.jpg
BLOG METROPALEMBANG
https://blog.metropalembang.com/2018/12/sejarah-musik-thrash-metal-masa-perkembangan.html
https://blog.metropalembang.com/
https://blog.metropalembang.com/
https://blog.metropalembang.com/2018/12/sejarah-musik-thrash-metal-masa-perkembangan.html
true
2516136796234982267
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home Lanjut baca... POSTS Buka semua halaman RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy